Look at the stars!! (Fungsi Bintang)

Bintang dan Gugusan Bintang (Gambar: Ubuntu wallpaper)

… Dan di malam hari yang cerah, keluarlah dari rumahmu. Pandanglah langit malam dan kau akan menemukan pemandangan paling menakjubkan di Alam. Hamparan bintang-bintang yang menghiasi angkasa dengan indahnya..

Itulah kira-kira secuplik kalimat dari buku astronomi yang pernah saya baca. Bintang (star) merupakan salah satu ciptaanNya yang spesial karena di abadikan dalam dua nama surat Al-Quran sekaligus, An-Najm dan Al -Buruuj. Setelah, Al-Quran diturunkan bintang memiliki beberapa fungsi, fungsi-fungsi (manfaat) bintang tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai Penghias angkasa/langit 
  2. Dasarnya adalah surat As-Shoffat ayat 6:
    “Sesungguhnya Kami telah menghias langit yang terdekat dengan hiasan, yaitu bintang-bintang”.
    Apa jadinya kalau langit itu gelap gulita ? sungguh itu akan sangat membosankan maka Allah mengiasinya dengan bintang-bintang agar terlihat indah. Sesungguhnya DIA itu indah dan suka akan keindahan.

  3. Sebagai penjaga langit
  4. Dasarnya adalah ayat sesudahnya, An-najm ayat 7:
    “dan (bintang-bintang) telah memeliharanya (sebenar-benarnya) dari setiap syaitan yang sangat durhaka”
    Dalam ayat lanjutannya ditambahkan pula bahwa syaitan – syaitan itu
    tidak dapat memperdengarkan (pembicaraan) para malaikat dan mereka dilempari dari segala penjuru. Hal ini dilakukan karena saat sebelum al-quran diturunkan para syaitan sering mencuri informasi dari langit dan memberikannya pada para dukun disertai 99 kebohongan. Maka Allah menciptakan bintang untuk melindungi langit dan mengusir para syaitan saat hendak mencuri info dari langit. Diterangkan pula dalam ayat 10 bahwa syaitan tersebut akan disuluh api yang cemerlang, Sehingga ada pendapat yang mengatakan apabila ada bintang jatuh, komet ataupun meteor itu adalah syaitan yang dilempar karena hendak mencuri pembicaraan dari langit.

  5. Sebagai penunjuk (jalan)
  6. Salah satu dasarnya adalah surat an-Nahl ayat 16:
    “Dan (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang itulah mereka mendapat petunjuk”
    Dengan melihat bintang kita bisa menentukan arah mata angin. Hal ini digunakan oleh para pelaut dan orang-orang zaman dahulu yang masih belum mengenal kompas. Namun sampai saat ini, teknik ini (menentukan arah mata angin) masih digunakan oleh beberapa orang di pedalaman, pedesaan, petualang bakalan oleh para ilmuwan.

Itulah fungsi bintang berdasar Al-Quran, ayat yang dijadikan dasar hanya sebagian karna masih banyak ayat-ayat lain . Total ada 27 ayat Al-Quran yeng menyebut bintang. Dan tidak ada satupun ayat yang menyatakan bahwa bintang dapat dijadikan alat untuk meramal, So, segala ramalan apalagi yang melibatkan bintang (astrologi) sangat tidak pantas untuk kita percayai, sebagaimana ramalan dengan metode2 lain. The last, saya ingin mengutip lirik “yellow“nya coldplay:

Look at the stars
Look how the shine for u
and everything U do
yeah, they were all yellow.

(he..3x, ga ada hubungannnya ya…)

Leave a Reply | Tinggalkan Komentar..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s