Jangkauan Penglihatan


Penglihatan manusia merupakan salah satu indera utama untuk merasakan (sensing) sesuatu. Manusia dianugerahi dua mata yang sempurna untuk melihat yang dhohir, sesuatu yang tampak di dunia. Dalam disiplin ilmu fisika, manusia hanya bisa melihat hanya jika ada cahaya. Hanya dengan cahaya manusia bisa melihat, cahaya itupun hanya cahaya tampak yang jangkauannya antara 400 nm – 700 nm (nano meter, sepuluh pangkat min sembilan meter). Sungguh kecil sekali dibandingkan rentang panjang gelombang semua gelombang yang sudah terdeteksi, dari 0,001 nm s.d 10^10 nm.
Ilmu yang mempelajari tentang spektrum cahaya adalah Spektroskopi,yang sebenarnya mempelajari interaksi antara radiasi elektromagnetik (EM) dengan materi.
Pada gambar spektrum cahaya diatas tampak sekali bahwa rentang cahaya yang dapat dilihat manusia sangat sedikit. Untuk membantunya manusia membuat teleskop, periskop dan alat optik lainnya agar dapat membantu penglihatannya, khususnya untuk hal-hal yang sangat kecil dan jauh.
Orang buta, bukannya tidak memiliki mata. Namun mereka tidak bisa melihat dikarenakan kebutaan yang disebabjab glaukoma, katarak (kekeruhan mata) atau penyakit lain.

Sepantasnya kita bersyukur atas apa yang Allah anugerahkan kepada kita, khususnya dalam hal ini adalah nikmat penglihatan. Jangan kita gunakan nikmat penglihatan tersebut untuk hal-hal yang tidak berguna apalagi maksiat. Sebaliknya, gunakan penglihatanmu untuk hal-hal yang berguna, bermanfaat dan diridhoi olehNYa. Allah berfirman:

Katakanlah: “Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati”. Tetapi amat sedikit kamu bersyukur.
(Al-Mulk:21)
Tundukkan kepalamu, jaga pandanganmu…Guss!
maybe next: jangkauan pendengaran

Leave a Reply | Tinggalkan Komentar..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s