Penyadapan Suara dengan Sinar Laser

Laser ternyata bisa buat nyadap suara, teknologi ini bahkan sudah lama diuji coba di luar negeri. Di indonesia, saya baru nemu satu itu pun udah lama.
Prinsip mudahnya gini, laser ditembakkan ke kaca ruang yang akan disadap trus pantulannya akan diterima receiver/photodetector. Nah, cahaya yang diterima tadi ternyata udah dimodulasi fasa dengan gelombang suara. Tinggal ngubah dari cahaya ke listrik trus ke suara, jadi deh. ga percaya, liat aja video di bawah ini…

Secara praktis dan ilmiah proses dalam video tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Laser dipancarkan dari light source, pada kasus diatas yang dipakai adalah laser dioda atau laser pointer (mungkin lebih mudah untuk menerimanya/mengatur receivernya). Laser diarahkan tepat pada kaca ruangan diaman akan disadap. Kemudian receivernya (pada video diatas memakai LDR, atau bisa pakai photodioda atau phototransistor) diatur sedemikian rupa dengan hukum snell (sudut datang=sudut pantul) agar sinar laser pantulan tepatmengarah pada receiver. Skema sistem ini dapat dilihat pada Gb dibawah..

Pada peristiwa tersebut terjadi modulasi fasa akibat bergetarnya kaca oleh sinyal audio. Untuk percobaan skala lab dapat dilakukan dengan objek speaker yang diletakkan dalam kotak kaca. Modulasi fasa diatas terjadi disebabkan perubahan optical path dari pemancar ke penerima. Modulasi fasa ini akan lebih jelas disensing dengan prinsip interferometer. Pada interferometer cahaya dibagi dua oleh beam splitter, satu sebagai acuan/refference dan satunya untuk ditransmisikan. Perubahan fase ini akan menghasilkan pola frinji yang selnjutnya dikonversi menjadi sinyal suara (dari sinyal listrik). Prinsip kerja interferometer dapat dilihat pada gambar berikut:

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan dengan menggunakan laser He-Ne, daya 4,5 Watt dan panajang gelombang 670 nanometer diperoleh jarak penyadapan maksimul hingga 25 meter dan bandwith sistem penerima 15 Khz. Mau tahu lebih lanjut ? Ayo langsung diperagakan..

Refferensi:
[1] Masba RT Siregar & Agung Widodo. Aplikasi Laser utk Penyadapan. Jurnal Fisika HFI A5(2002) 05108
[2]Laser Listening
[3] http://www.metacafe.com/watch/767822/laser_espionage_microphone_how_to

Leave a Reply | Tinggalkan Komentar..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s