From Surabaya to Kumamoto

Alhamdulillahirobbil alamin, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam, yang mengatur siang dan malam, mengatur perputaran bumi, matahari dan benda-benda langit lainnya, mengatur segala yang ada di alam semesta dan memperjalankan hambaNya, termasuk hambaNya yang dhoif wa jahuul ini.
Dengan mengucap doa safar (doa naik kendaraan) aku memulai perjalanan ini,

Subhaanal Ladzi sakhkhara lanaa haadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniin qa innaa ilaa rabbinaa lamunqolibuun.

Artinya:

Maha Suci Allah Dzat yang menjinakkan kendaraan ini kepada kami, sedangkan kami tidak bisa menjinakkannya, dan kepada Allah kami kembali. (Q.S. Az-Zukhruf:13-14)

Di Bandara Cengkareng, Sebelum Berangkat

Setelah transit di Incheon, Seoul akhirnya sampai juga di Fukuoka. Jarak dari Surabaya ke Incheon sekitar 5 jam. Jadi, jika berangkat dari Cengkareng jam 22.00 atau jam sepuluh malam, harunya sampai di Incheon, Seoul sekitar jam 5 pagi. Tapi, saat saya tiba di Incheon ternyata udah jam 7 pagi. Whooala..? ternyata selisih dua jam antara surabaya-seoul, jadi sah-sah aja saya tiba di Incheon jam tujuh pagi keesokan harinya. Oya, kita pakai Korean Air dengan harga tiket Surabaya-Fukuoka sekitar 6-7 jutaan.

Karena transit kita satu jam, maka kita harus bergegas. Nah, saat sampai di tempat untuk transfer (transit) ternyata antriannya mengular banyak, dan tidak cukup waktu kalau kita harus antri. Seorang teman dari rombongan kita kemudian berinisiatif menemui petugas yang mengurusi transit dari Korean Air, dan kita dipersilahkan untuk tidak antri, by pass aja. Setelah melewati detektor lagi (kali ini lapto harus dikeluarin, di Incheon). Kita bisa masuk pesawat Korean Air yang akan membawa kita ke Fukuoka, Japan.

Di depan Fukuoka Airpor

Pesawat Korean Air yang membawa kita ke Fukuoka ternyata sepi, mungkin cuma sepertiga dari total kapasitas pesawat KE 787 itu. Sejam kemudian kita tiba di Fukuoa Airport, Japan.

Seperti halnya bandara Incheon, Seoul Fukuoka Airport tampak lenggang, bahkan lebih sepi dari Incheon Airport. Saat tiba, kita akan di data oleh bagian imigrasi, dan disitu CoE (certificate of eligibility) kita akan diminta, dan kita dipersilahakan memasuki Japan. Welcome to Japan..

Dari Fukuoka Airport ke Kumamoto bisa ditempuh dengan bis Express yang rutrnya bisa diperoleh disini. Harga tiketnya 2000 yen atau 3600 yen pp (pulang pergi). Hanya dibutuhkan waktu satu jam untuk menempuh jarak Fukuoka-Kumamoto yang jaraknya 70 mil. Di terminal Kumamoto, tutor dan staff dari international house Kumamoto Universitu sudah menunggu. Welcome to Kumamoto, Welcome to Japan, To Japan with Love…!!

Tiba di Kumamoto, Japan

Leave a Reply | Tinggalkan Komentar..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s