Tutorial Octave: Open Source Software Pengganti Matlab

Pada posting sebelumnya telah dibahas bagaimana cara meng-install Octave di Ubuntu Linux. Artikel ini adalah lanjutannya, yaitu bagaimana menggunakan Octave yang tidak ditujukan untuk Linux saja namun juga pada Windows dan Mac OS. Seperti halnya Matlab, Octave bisa digunakan untuk melakukan perhitungan operasi matematika secara langsung. Misalnya operasi penjumlahan ‘+’, pengurangan ‘-’, perkalian ‘*’, pembagian ‘/’ dan operasi lainnya yang lebih kompleks seperti penggunaan fungsi trigonometri (sin, cos), pangkat ‘^’, eksponensial ‘e’, logaritma ‘log’, bilangan imajiner atau untuk mendevelop fungsi operasi baru (function seperti dalam Matlab).
Untuk menjalankan octave pada Ubuntu silahkan ketik “octave” pada terminal. Operasi matematika sederhana dengan Octave bisa dilihat pada contoh di bawah.

>> a=5
a = 5
>> b=7
b = 7
>> c=a+b
c = 12

Pada kondisi tertentu kadang tidak diharapkan untuk langsung mengetahui hasil dari suatu operasi terutama bila kita mencoba menuliskan script. Untuk menahan agar octave tidak menampilkan hasil operasi pada sebuah baris ditambahkan semicolon pada akhir baris.

>> a=5;
>> b=7;
>> c=a+b;
 
Gambar di atas juga menunjukkan adanya penggunaan variabel. Penamaan variabel dalam octave tidak bisa sembarangan. Sejauh coba-coba yang dilakukan, hanya bisa dilakukan dengan menggunakan abjad dan karakter ‘_’ (underscore / garis bawah) sebagai karakter pertama dalam sebuah variabel. Seperti tampak pada gambar di bawah. Tanda pagar ‘#’ dan persen ‘%’ digunakan untuk menandai komentar pada sebuah baris. Tipe variabel yang bisa digunakan adalah numerik (real atau kompleks), vektor, matrik, dan string. Penggunaan tipe string harus diletakkan di antara tanda “…” sehingga Octave bisa mengenali mana awal dan akhir string.
>> a_1 = 5; #variabel pertama
>> a_2 = a_1; #variabel kedua
>> d="saya"
d = saya

Selain variabel, Octave juga menyediakan beberapa konstanta yang sering digunakan dalam perhitungan matematika, semisal bilangan ‘e’, bilangan ‘pi’ yang sama dengan 22/7, penanda tak hingga baik positif ‘inf’ atau negatif ‘-inf’, dan konstanta boolean ‘true’ dan ‘false’.

>> e
ans = 2.7183
>> pi
ans = 3.1416
>> a == true
ans = 0

Untuk format bilangan, Octave menyediakan tiga pilihan, yaitu ‘format short’, ‘format long’ dan ‘format bank’. Perintah ‘format short’ akan menampilkan bilangan dengan total lima bilangan termasuk bilangan yang di depan koma. ’3,1416′ merupakan contoh penggunaan ‘format short’. Secara default, format bilangan adalah ‘format short’. Sedangkan perintah ‘format long’ akan memberikan hasil dengan total lima belas bilangan. Perintah ‘format bank’ memberikan format bilangan dua angka di belakang koma dan tidak akan memberikan unsur kompleks dari suatu bilangan. Dengan cara lain anda bisa menambahkan perintah ‘output_precision(n)’ dimana ‘n’ adalah jumlah bilangan dibelakang koma.

>> format bank;
>> 2/3
>> ans = 0.67

Plotting
Saat ini (Octave 4.x) octave mendukung baik fltk maupun gnuplot, anda bisa men-setnya dengan  graphics_toolkit (“fltk”) atau  graphics_toolkit (“gnuplot”). Berikut contoh plotting sederhana dengan GNU Octave untuk sinyal sinusoidal.

>> t = 0:0.01:1;    # sumbu x
>> y = 2*sin(2*pi*t); #sinyal sin dengan amplitudo 2
>> plot(y);
>> print('-dpng', 'sin.png') #simpan file

Hasilnya adalah sebagai berikut,

Untuk memplot logo Octave, anda bisa mencoba perintah berikut:

>> sombrero
>> shading interp

Hasilnya adalah sebagai berikut:

Update (2014/3/25)

Official Octave GUI (graphical user interface) sekarang dalam tahap pengembangan, rencananya akan tersedia by default mulai Octave versi 4.0. Namun untuk Octave versi 3.8 (tersedia di repo default Ubuntu Trusty) anda bisa mencobanya dengan perintah di terminal “octave –force-gui“. Berikut screenshotnya.

Octave GUI versi 3.8 di Ubuntu Trusty

Sumber : 
1. http://dewapur.wordpress.com/2008/12/18/octave-lanjutan/

Leave a Reply | Tinggalkan Komentar..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s