Perangkap Tikus Berbasis Multichannel Gate

Perangkap tikus berbasis multichannel gate dibangun dengan ide dasar yang sederhana. Untuk menangkap tikus dibuat perangkap yang tidak harus membutuhkan umpan, umpan tidak tercecer di lingkungan sekitar, tikus tidak terbunuh saat terjebak, dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama, dapat memerangkap lebih dari 1 tikus dan tidak membahayakan anak-anak serta kesehatan maka dibuatlah perangkap dengan mempertimbangkan sifat-sifat tikus itu sendiri. 
Atas dasar itulah, Cepstronix Inc. merancang perangkap tikus yang video ilustrasi dan gambar-nya dapat dilihat sebagai berikut.

Gambar 1. Prototype Perangkap Tikus Berbasis Multichannel Gate

Design and Engineering

Pada proses perancangan dan desain dibagi menjadi enam, yaitu perancangan desain komponen mouse gate, desain mouse army, desain mouse colector, mouse mouse traper dan desain sistem connector. Gabungan dari berbagai jenis desain tersebut disebut sebagai mouse combat. Berikut ini diberikan gambaran mengenai rencana desain komponen mouse combat  yang akan dibuat. 

-Desain mouse Gate
Mouse gate ini berfungsi sebagai jalan masuk tikus. Ukuran pintu masuk disesuaikan dengan ukuran tikus yang akan dikurangi populasinya. Dalam desain total banyakya pintu masuk tidak hanya satu tetapi meliputi semua sisi mouse collector. Dimana semuanya akan bermuara pada mouse collector. 
Mouse gate yang dibuat tidak langsung direkatkan pada mouse collector. Tetapi merupakan bagian-bagian yang terpisah yang mana dapat digunakan sebanyak-banyaknya bila perlu atau menyesuaikan dengan tempat yang digunakan. Desain dari mouse gate adalah sebagai berikut.
Gambar 2. Desain Mouse Gate
Desain Mouse Army
Mouse army disini adalah istilah yang mewakili arti suatu sistem dimana siatem tersebut memungkinkan tikus untuk bisa masuk tetapi kalau sudah masuk hampir tidak mungkin untuk keluar. Mouse army ini berada di dalam mouse gate. Desain lengkap dari mouse army adalah sebagai berikut:
Gambar 3. Desain Mouse Army
Pola-pola rintangan pada mouse army akan berakir di tepi mouse collector.atau dengan kata lain berakhir diantara mose gate dan mouse collector. Cara kerja gambar 3 adalah pertama tikus akan mulai tertarik umpan pada mouse trap dalam mouse collector sehingga tikus memasuki mouse gate. 
Bagian yang A dan B pada posisi setimbang adalah seperti pada gambar 3. Baik A dan B dapat bergerak maju mundur. Jika tikus memasuki mouse gate maka bagian A secara alami akan bergerak searah jarum jam disebabkan oleh sundulan kepala demikian juga bagian B karena terinjak kaki tikus akan bergarak berlawanan dengan jarum jam. Jika semua tubuh tikus telah berada pada mouse collector untuk memakan umpan pada mouse trap maka tikus tidak akan bisa keluar. Karena jika tikus mencoba keluar maka bagian B akan bergerak searah jarum jam dan itu malah akan mengunci/ menutup mouse trap dari dalam.
Jadi usaha tikus yang berada dalam mouse collector dapat dikatakan sia-sia. Tetapi di lain pihak lubang pada bagian luar mouse gate tidak tertutup.Bagian A dan B tetap steady jadi tetap bisa memerangkap tikus yang lain. Itulah mengapa tikus yang memasuki mouse army tidak akan bisa keluar lagi tetapi di lain sisi tidak menghalangi tikus lain untuk masuk.
Desain Mouse collector  
Mouse collector adalah dimana tikus yang sudah melewati mouse army yang sudah tidak dapat kembali melewati mouse gate tersebut berkumpul. Di sinilah tempat dimana tikus dapat bergerak bebas tetapi tidak dapat keluar semacam kurungan yang terbuka diatasnya. Tikus yang terjebak dapat dipastikan akan masih hidup. Untuk menangkap tikus yang sudah masuk ke dalam mouse kollector dapat ditangkap dengan mudah denagn mengunakan jaring.  Desain dari mose kollector dapat dilihat pada gambar desain di bawah ini.
Gambar 4  Desain Mouse Colletor
Ukuran mouse kollector bervariasi menyesuaikan dimana mouse combat dipasang. Disetiap sisi terdapat lubang-lubang tempat dimana mouse gate terpasang yang ukuranya dapat bervariasi. Semua variasi tersebut dapat dipasang pada mouse collector untuk menyesuakan dengan tikus yang akan ditangkap.
Desain Mouse Traper

Mouse traper adalah tempat dimana umpan di pasang. Umpan ini dapat berupa hasil pertanian, makanan, atau ikan. Umpan tersebut sebenarnya berfungsi sebagai penarik minat tikus saja. Jadi sebenarnya meskipun tikus sudah masuk ke mouse collector belum tentu dapat memakan umpanya. Sehingga mouse kombat ini memungkinkan umpan tetap ada dan dapat menarik tikus yang lain. Dipadukan dengan mouse gate yang banyak dari berbagai sisi mouse collector diharapkan tikus yang tertangkap dapat lebih dari 1. Desain dari mouse traper adalah sebagai berikut.

Gambar 5. Desain Mouse Traper
Mouse traper ini boleh di pasang boleh tidak dan bersifat removable. 
Desain Sistem connector
Sistem connektor merupakan sistem dimana semua komponen mouse combat dapat dipasang meliputi mouse gate, mouse army, mouse collector, dan mouse traper. Desainya meliputi stabilitas sistem agar tidak mudah goyah oleh gerakan tikus dan stabilitas alat agar semua komponen tidak tercerai berai ketika tikus berontak. Jadi sistem connector adalah mewakili suatu cara bagaimana semua komponen tersebut dapat tersambung yang memiliki stabilitas sistem dan stabilitas alat yang baik.
Untuk keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi:
Cepstronix Technology Indonesia
Engineer, Researcher of DSP and Machine Learning
Bandung, Indonesia
62 85655402082 (mobile)
Email: budiman[at]cepstronix.com

To be continued with more pictures/ Bersambung 

Leave a Reply | Tinggalkan Komentar..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s